Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3474
Title: | Tipologi Resepsi Alumni Lembaga Kaligrafi (LEMKA) terhadap Seni Kaligrafi Al-Qur’an |
Authors: | Nur Sifa Sri Rahayu, 19211261 |
Advisor: | Mamluatun Nafisah |
Issue Date: | 2023 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Tulisan ini membahas tentang tipologi resepsi Alumni Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (LEMKA) Terhadap Seni Kaligrafi Al-Qur’an. Berangkat dari motivasi yang beragam penerimaan individu terhadap Al-Qur’an, terkhusus pada seni kaligrafi Al-Qur’an, penulis mendokumentasikan berbagai sudut pandang dan pemahaman yang terkait dengan pemahaman yang berbed-beda di antara individu yang mempelajari seni kaligrafi Al-Qur’an. Untuk mengetahui tipologi resepsi mereka terhadap seni kaligrafi Al-Qur’an, penulis menggunakan pendekatan teori resepsi resepsi Hans Robert Jauss yang diformulasikan Ahmad Rafiq. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dalam bentuk field research, melalui tiga poroses pengumpulan data yang di dapat, dengan mengolah hasil observasi, wawancara, dan dokumentas. Metode analisa data yang digunakan penulis adalah deskriptif analisis, dengan sumber data primer adalah alumni Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (LEMKA) Sukabumi, dan Ciputat, dan untuk sumber sekunder diambil dari berbagai literatur, seperti buku-buku, jurnal-jurnal, dan penelitian dalam bentuk skripsi atau tesis terkait judul penelitian penulis, yang terhimpun dalam berbagai sumber, seperti bank data di Internet maupun perpustakaan di LEMKA Sukabumi khususnya.. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Fenomena pembelajaran kaligrafi, seperti halnya di LEMKA pada kasusnya sudah nampak sejak zaman rasulullah, yang pada praktiknya mengalami transmisi dan transformasi ilmu yang panjang. Hal ini terbukti dengan adanya data faktual berupa sejarah, dengan bukti inskripsinya; serta wujud eksistensi budaya tersebut, seperti banyaknya lembaga/ sanggar pembelajaran kaligrafi, dengan para khattat Indonesia yang terus berperan aktif mensyi’arkan kaligrafi di dalam dan luar negeri. Adapun resepsi Alumni LEMKA terhadap seni kaligrafi Al-Qur’an secara umum termasuk ke dalam resepsi estetis. Kendati demikian, pada praktiknya, menjadi sebuah keniscayaan, untuk mereka meresepsi seni kebudyaan Islam yang satu ini dengan cara eksegesis dan fungsional. Perbedaan penelitian penulis dengan penelitian sebelumnya terletak pada aspek subjek dan lokus kajian. Pembahasan penelitian sebelumnya mengkaji tentang resepsi satu tokoh terhadap kaligrafi. Adapun kajian yang memetakan terkait kaligrafi, yang menjadi sasarannya adalah kaligrafi itu sendiri. Kemudian, rata-rata hasil temuannyapun menyimpukan, bahwa kaligrafi terbatas pada ranah estetis saja. Sedangkan penelitian penulis membahas beberapa tipe penerimaan yang dilakukan Alumni Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (LEMKA) terhadap seni kaligrafi Al-Qur’an. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3474 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
91-19211261.pdf Restricted Access | 3.42 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
91-19211261_Publik.pdf Restricted Access | 1.48 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.